5 Trik psikologi yang wajib kamu ketahui

Dahulu kala antara psikologi dan filsafat dianggap berjalan beriringan hingga di sekitar tahun 1870-an akhirnya Psikologi menjadi satu ilmu pengetahuan yang berdiri sendiri. Sejak saat itu melalui berbagai penelitian dan kemajuan tekhnologi, kita telah banyak mempelajari hal-hal yang penting meski itu sebenarnya baru menyentuh tahap ‘permukaan’ saja. 


Di bawah ini merupakan 14 fakta psikologi menarik dan pastikan kamu membagi isi pikiran dan pengalamanmu berdasarkan komentar di bawah ini.

1. Penelitian menemukan jika kamu memiliki sebuah tujuan dan memberitahukannya kepada orang lain maka itu akan mengurangi kemungkinan tujuan tersebut tercapai karena kamu telah kehilangan motivasi 

2. Kebanyakan orang memiliki lagu favorit mereka masing-masing dan lagu tersebut sering dihubungkan dengan moment emosional dihidup mereka

Sudah bukan rahasia umum jika musik memiliki efek langsung pada emosi seseorang. Baru-baru ini sebuah penelitian meneliti siswa di kelas 9 sekolah menengah pertama dan dari hasil penelitian itu menunjukkan sisi lain dari mendengarkan musik itu benar. Sama halnya dengan ketika seseorang mencium aroma sesuatu maka ia akan ingat pada kejadian tertentu di masa lalu.

3. Musik mempengaruhi bagaimana kamu mempersepsikan dunia

Studi baru yang dilakukan di Universitas Groningen menemukan bahwa musik memiliki efek dramatis pada persepsi. Penelitian yang berfokus pada kemampuan orang “melihat” wajah bahagia dan wajah sedih ketika mendengarkan track musik yang berbeda. Mendengarkan musik bahagia atau sedih tertentu dapat merubah bagaimana orang mempersepsikan dunia.

4. Penelitian menunjukkan mengeluarkan uang untuk seseorang lebih membahagiakan dibandingkan mengeluarkan uang untuk diri sendiri

Penelitian yang dilakukan oleh Harvard Business School menunjukkan bahwa sebenarnya orang akan lebih bahagia jika memberikan uang pada orang lain. Bisa dilihat dari ekpresi mereka jika kita memberikan hadiah ulang tahun, perasaan itu jauh lebih bahagia dibandingkan saat kita menerima hadiah.

5. Berdasarkan penelitian, kamu akan lebih bahagia jika mengeluarkan uang untuk sesuatu yang memberikan pengalaman dibandingkan hanya memenuhi obsesi

Kebahagiaan menjadi objek fokus penelitian yang populer guna meneliti ketentraman emosi. Penelitian mengatakan orang-orang sering mengorbankan sesuatu yang dapat membuat mereka bahagia seperti berlibur atau pergi ke acara tertentu agar dapat memenuhi obsesi mereka seperi memiliki properti.

5 Trik psikologi yang wajib kamu ketahui 

Artikel lainnya:


Add Your Comments

Disqus Comments